Mau Jadi Wirausaha Yang Handal? Ini Tipsnya!

March 31, 2016

Setiap wirausaha memiliki harapan dan obsesi untuk terus meningkatkan eksistensinya di dunia bisnis, dan selalu menempa dirinya untuk dapat menjadi sukses dan kuat dalam membangun usahanya.  Sukses dan eksis saja tidak cukup… perlu dimiliki kehandalan dan ketangguhan dalam mempertahankan usaha yang ada, sekaligus untuk terus mengudate kan dirinya mengikuti setiap perubahan dan mampu menjadi pemenang di setiap kesempatan.  Baik itu eksistensi produk maupun jasa yang dihasilkan, atau kekuatan dia membangun pasar yang berkelanjutan dan siap bersaing di era global kedepan.

Ada beberapa yng bias dicirikan dari kehandalan seseorang yang mampu mempertahankan dan membesarkan terus bisnisnya, antara lain :

a.  Memiliki rasa percaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha   penghasilan dan keuntungan;

b.  Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan hal-hal yang perlu untuk memanfaatkannya.

c.  Mau dan mampu berkerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan atau jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efesien;

d.  Mau dan mampu berkomunikasi dalam melakukan tawar menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak yang mempunyai pengaruh yang besar dalam kemajuan usaha.

e.  Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat dan disiplin;

f.  Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya secara luas dan tangguh tetapi cukup luwes dalam melindunginya.

g.  Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan     dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan resiko yang moderat.

h.  Berusaha  mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkempentingkan terhadap perusahaan.

Nah..sudah tahu kan cirinya…?? Sekarang siapkan diri anda untuk dapat melakukan bisnis ini menjadi sebuah karakter dan mampu merubah hidup anda, sehingga pada saat anda berada di lingkungan bisnis, anda akan selalu terbiasa menghadapi tantangn dan resiko usaha yang siap dating kapan saja.  Yang terpenting dengan kehandalan yang anda miliki, yakinlah anda akan mampu mengantisipasi nberbagai kemungkinan dan resiko yang akan anda hadapi, sehingga menjadi sesuatu yang dapat menjadi peluang ke depan.  Semoga bermanfaat

Sumber: strategidanbisnis.com / wirausahabarujabar.net