Dicari 2.500 Wirausahawan untuk Ikut UMKM Juara Jabar

April 12, 2019

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Bila Anda merupakan seorang wirausaha di Jawa Barat yang tengah menjalani Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), program UMKM Juara yang digagas Pemerintah Provinsi Jabar lewat Dinas Koperasi dan UMKM patut Anda coba. Anda berkesempatan menerima serangkaian pelatihan hingga bantuan pendanaan apabila berhasil menjadi salah satu dari 2.500 wirausahawan yang terjaring. Secara garis besar, program UMKM Juara dibuat untuk membimbing dan mendampingi UMKM di Jabar untuk dapat lebih produktif, lebih maju dan memiliki pasar yang lebih luas. Hal tersebut dilakukan lewat pendampingan dan pelatihan bersama tenaga ahli selama enam bulan. Selama enam bulan tersebut, wirausahawan juga berkesempatan untuk menjalani temu bisnis dan gelar produk, hingga berpameran di dalam dan luar negeri berdasarkan hasil penilaian dan kurasi para tenaga ahli. Kepala Dinas KUMKM Jabar, Kusmana Hartadji mengatakan program ini merupakan lanjutan dari program pembimbingan UMKM lima tahun ke belakang. Fokusnya menyasar para usaha kecil dengan syarat tertentu.

"Ini lanjutan program wirausaha lima tahun ke belakang, tapi tidak menutup kemungkinan yang belum ikut, bisa ikutan program ini. Priorotas kita di provinsi adalah usaha kecil," ungkapnya ketika ditemui di Bandung beberapa waktu lalu. Adapun persyaratan yang dimaksud meliputi : 1. Sungguh-sungguh ingin berbisnis dan belajar;  2. usia minimal 25 tahun dan maksimal 55 tahun; 3. memiliki produk sendiri;
4. lama usaha minimal 2 tahun; 5. memiliki minimal omzet per tahun Rp200 juta atau setara Rp15 juta sebulan; 6. memiliki izin usaha, minimal seperti SKU/IUKK Sementara, fasilitas yang akan diterima adalah meliputi pendampingan dan pelatihan oleh tenaga ahli di bidangnya selama enam bulan, temu bisnis dan gelar produk, benchmarking bagi UMKM yang progresnya meningkat selama pendampingan, hingga pameran dalam dan luar negeri berdasarkan hasil penilaian dan kurasi. "Pembiayaan usaha juga akan kami fasilitasi. 2500 orang itu tidak diseleksi, yang memenuhi syarat bisa ikut asal kuota masih mencukupi," jelasnya. Periode pendaftaran dibuka mulai dari 25 Maret 2019 hingga 14 April 2019. Calon peserta dapat mengunjungi lama web dengan alamatumkmjuara.jabarprov.g.id untuk pendaftaran dan keterangan lebih lanjut. Di samping 2.500 wirausahawan, program ini juga masih membutuhkan sebanyak 230 tenaga pendamping UMKM yang pendaftarannya dapat diakses di laman yang sama.  Tertarik mencoba?


https://www.ayobandung.com/read/2019/04/09/49181/dicari-2500-wirausahawan-untuk-ikut-umkm-juara-jabar 

Penulis: Nur Khansa Ranawati
Editor : Fira Nursyabani