WISUDA DAN PAMERAN UMKM JUARA

November 29, 2019

BANDUNG-Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat akan menggelar Wisuda dan Pameran UMKM Juara pada 29,30 November – 1 Desember 2019 bertempat di Harris Convention Hotel Festival Citilink Jl Peta 270 Bandung. Sebanyak 1.800 peserta Program UMKM Juara akan diwisuda oleh Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil. Pameran UMKM Juara sendiri akan ada 200 tenant peserta program UMKM Juara, talkshow, workshop, peragaan busana dan pertunjukan seni.

Kegiatan Wisuda dan Pameran UMKM Juara merupakan bagian dari tahapan program UMKM Juara yang merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat untuk mencapai Jabar Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasi. Program ini bertujuan mendorong UMKM untuk tumbuh dan berkembang dalam skala kelas usaha. Manfaat yang diperoleh UMKM dengan program ini adalah penguatan diri dan manajemen usaha untuk dapat naik kelas dengan memanfaatkan teknologi informasi, akses pasar, akses permodalan melalui pendampingan dan pelatihan.

Menurut Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji, UMKM Juara dimana pelaku usaha yang sudah memiliki karakteristik entrepreneur ditandai dengan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan,menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Kriteria UMKM Juara :


  • Peningkatan Kapasitas (diversifikasi Produk) dan Qualitas Produk (memenuhi standar mutu yang berlaku secara umum/legal aspek/perizinan usaha)
  • Peningkatan Akses Pasar (local, regional, nasional dan/atau Internasional)
  • Peningkatan akses pembiayaan/kredit untuk meningkatkan kapasitas produk dalam rangka memenuhi deman yang tinggi sebagai akibat semakin meluasnya pangsa pasar produk.
  • Mampu memanfaatkan teknologi dalam rangka memudahkan dan meningkatkan performa pengelolaan usaha.
  • Melakukan pencatatan/pembukuan secara tertib (manual/terkomputerisasi)
  • Membuat bussines plan (perencanaan laba, keuangan, produksi, SDM)
  • Memiliki Standar Operasional Prosedur dan Standar Operasional Manajemen
  • Memiliki struktur organisasi dan pembagian tugas yang jelas
  • Peningkatan penyerapan tenaga kerja
  • Peningkatan asset dan omzet
  • Usaha berkelanjutan



Program UMKM Juara sebanyak 2.500 UMKM Jabar telah direkrut sejak awal 2019 ini dan mereka telah dibimbing dan didamping menjadi UMKM yang lebih produktif. Fasilitas yang diberikan pendampingan dan pelatihan oleh tenaga ahli dibidangnya selama 6 (enam) bulan, temu bisnis, gelar produk, benchmarking bagi umkm yang progresnya meningkat selama pendampingan. Pameran dalam dan luar negeri berdasarkan hasil penilaian dan kurasi produk peserta UMKM Juara oleh tim.

Untuk promosi dan akses pasar, peserta UMKM Juara telah mengikuti pameran yakni Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara yang digelar di 27 kabupaten/ kota di Jawa Barat. Selain itu, pameran dalam negeri telah dilaksanakan di Riau, Jawa Timur, Jakarta, Medan, Bali, Kendari, Batam. Sedangkan untuk pameran luar negeri rencana akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2019.

Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut akhirnya pada akhir November 2019 ini sebanyak 1.800 UMKM Juara akan diwisuda dan menggelar produknya pada Pameran UMKM Juara yang akan digelar 29-30 November 2019 hingga 1 Desember 2019 di Hotel Harris Convention Festival Citilink Jalan Pelajar Pejuang Bandung.

Rencananya wisuda dan pembukaan pameran UMKM Juara akan dibuka Menteri KUKM RI, Bapak Teten Masduki dan Gubernur Jawa Barat Bapak M. Ridwan Kamil. Acara tersebut akan dimeriahkan berbagai kegiatan seperti penghargaan UMKM Juara, temu bisnis, kelas spesial UMKM Juara, pameran 200 tenant UMKM Juara, talkshow dan workshop, peragaan busana, pertunjukan seni. (***)