Koperasi Bergabung Bakal Kuat dan Besar

February 12, 2018

Bandung-Dalam rangka memperkuat koperasi di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 10 November 2017 telah membentuk Konsorsium Koperasi Skala Besar Jawa Barat. Dalam konsorsium ini tergabung 10 koperasi skala besar Jawa Barat.

“Melalui konsorsium ini kita ingin membangun hubungan diantara koperasi yang ada di Jabar. Saya punya keyakinan bila mereka bergabung mereka bakal kuat dan menjadi besar,” tutur Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, H. Dudi Sudrajat Abdurahim pada Bimbingan Teknis Manajemen Koperasi, di Hotel Gumilang Regency, di Jl Setiabudi Bandung, Senin (12/2).

Dudi menyakini, koperasi menjadi sumber kekuatan ekonomi kalau bergabung dan menjadi lebih kuat. Ia juga berharap kedepan koperasi mulai memikirkan investasi. Anggota didorong berpartisipasi aktif untuk menyimpan dan meminjam. “Meminjam untuk dengan tujuan untuk investasi. Silakan anggota berinvestasi dengan dana dari koperasi. Namun investasinya harus hati-hati, rasional, aman. Jangan meminjam untuk investasi yang berspekulasi,” katanya.

Dudi juga menegaskan, tiada koperasi tanpa teknologi informasi dan tiada koperasi tanpa transaksi. Kita ingin mendorong koperasi bukan hanya dari sisi kuantitas tapi juga sisi kualitas. Kualitas sangat penting untuk menunjukkan kesehatan koperasi.

Ia juga mengingatkan pentingnya financial planning atau manajemen keuangan baik untuk organisasi hingga pribadi. Kedepan financial technology (fintech) sangat penting untuk mendorong financial inklusi dan financial literasi. Kedepan perencanaan keuangan sangat penting hingga keluarga bahkan pribadi.

Ramudi Arifin, guru besar Ikopin menjelaskan, koperasi akan terus eksis selama anggota berpartisipasi penuh terhadap koperasi. Bicara koperasi multidimensi mulai hubungan sosial, ekonomi, politik. Anggota harus memanfaatkan koperasi demi kesejahteraan bersama.

Bimtek Manajemen koperasi ini berlangsung mulai 12 hingga 13 Februari 2018 dengan menghadirkan narasumber Ramudi Arifin, Guru Besar Ikopin, Ihin Solihin ketua Konsorsium Koperasi Skala Besar Jawa Barat, Adang sekretaris KPBS Pangalengan. (ade)