Menteri Koperasi dan UKM Panggil Bos Bukalapak, Bahas Apa?

November 19, 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Tenten Masduki memanggil Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak Achmad Zaky ke kantornya, Senin (18/11/2019).

Pertemuan antara Zaky dan Tenten digelar tertutup selama 30 menit.

Dalam pertemuan tersebut dibahas kemungkinan penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat ( KUR) melalui Bukalapak.

"Dari awal misinya (Bukalapak) ingin memberdayakan UKM jadi saya pikir in line, kita siap membantu pemerintah menjalankan program-program khususnya di bidang UMKM," kata Zaky di Kantor Kemenkop dan UKM di Jakarta, Senin.

Zaky menjelaskan, pertemuan tersebut membahas soal pendanaan melalui skema KUR. Ia sendiri berharap agar Bukalapak menjadi salah satu mitra pemerintah untuk menyalurkan KUR.

Dengan besaran penyaluran KUR yang sangat besar, Zaky meyakini dapat membantu pemerintah untuk menyeleksi UKM yang layak memperoleh pembiayaan untuk modal usahanya.

"Sebagai platform kita sebenarnya mengetahui mana yang bisnis bagus, mana UKM yang bagus, sehingga penyalurannya mudah-mudahan lebih tepat," ucap Zaky.

Saat ini Bukalapak mencatat ada 5 juta UMKM yang terdaftar di platformnya. Angka tersebut merupakan 10 persen dari total keseluruhan pelapak yang berdagang di platform Bukalapak.

Tidak hanya itu, Zaky mengaku pihaknya juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan kepada UKM. Dengan demikian, UKM bisa berkembang dengan pendampingan dari pemerintah dan Bukalapak.

"Bukalapak dari awal memiliki kekuatan di pengembangan komunitasnya. Jadi nanti ini yang akan kita mix ya, jadi kita akan turun ke lapangan bersama Kementerian Koperasi dan UKM mengajari usaha-usaha kecil, menunjukkan ini lho kunci sukses, sehingga bisa menelurkan usaha kecil yang lebih sukses ke depan," ujar Zaky.

sumber: https://money.kompas.com/read/2019/11/18/144800326/menteri-koperasi-dan-ukm-panggil-bos-bukalapak-bahas-apa-.