Tingkatkan Daya Saing, Kemenkop Gelar Pelatihan untuk Pelaku Usaha Kopi

March 05, 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk kopi dari Usaha Kecil Menengah (UKM) kopi, Kemenkop dan UKM menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Koperasi dan UKM (KUKM) pelaku usaha kopi.

Pelatihan diberikan terutama yang berkaitan Roasting Coffee atau proses sangrai kopi.

Hal tersebut dilakukan agar proses sangrai yang dilakukan pelaku UKM bisa menghasilkan kopi yang berkualitas dan memiliki cita rasa yang baik.

“Gairah para konsumen atau penikmat kopi maupun cafe-cafe kopi saat ini patut disambut gembira namun juga jadi tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya UKM, bagaimana bisa menyajikan kopi dengan cita rasa tinggi,” ujar Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, melalui keterangan resmi, Jumat (2/3/2018).

Dalam pelatihan tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM  mengundang sejumlah pihak sebagai mitra kerja sama sekaligus menjadi narasumber sesuai keahlian serta bidang masing-masing.

Wayan Dipta menegaskan, pelatihan tersebut bertujuan agar pelaku usaha bisa naik kelas atau meningkatkan kualitas, kemampuan, hingga daya saing produknya.

"Karena kenyataannya masih banyak koperasi dan UKM yang belum dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya," ungkapnya.

Sementara itu, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) menyatakan, para petani kopi di Indonesia bersama dengan kementerian-kementerian terkait berencana untuk memperluas perkebunan kopi Indonesia, bersamaan dengan proses meremajakan perkebunan-perkebunan lama melalui program intensifikasi.

Dengan meningkatkan luas perkebunan, produksi kopi Indonesia dalam 10 tahun kedepan ditargetkan dapat mencapai antara 900.000 ton sampai 1,2 juta ton per tahun.



Penulis : Pramdia Arhando Julianto

Editor : Aprillia Ika

sumber: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/02/103500926/tingkatkan-daya-saing-kemenkop-gelar-pelatihan-untuk-pelaku-usaha-kopi